Diskusi Ilmiah

 

Diskusi Ilmiah merupakan salah satu rangkaian acara dalam PNMHII yang memberikan kesempatan bagi setiap perwakilan universitas untuk mengidentifikasi suatu permasalahan dan melihatnya secara sistematis menggunakan kerangka teori dan skema berpikir metodologis tertentu yang dituangkan dalam bentuk makalah. Pada mata acara Diskusi Ilmiah tahun ini, setiap peserta Diskusi Ilmiah akan mendapatkan kesempatan untuk berbagi gagasan dalam tulisannya beserta peserta-peserta lain dalam suatu diskusi intensif yang ada dalam “Group Discussion” (GD) yang akan difasilitasi oleh dosen pemandu dalam masing-masing bidang tersebut. Mata acara Diskusi Ilmiah akan diawali dengan diadakannya seminar atas masing-masing pilar nasionalisme dalam kebijakan luar negeri Indonesia, yakni: national integrity, national prosperity, dan national identity pada tiap-tiap hari yang telah ditentukan sebelum memulai proses diskusi. Setiap peserta akan mempresentasikan dan mendiskusikan makalahnya dalam GD tersebut dengan difasilitasi oleh dosen pemandu. Setelah dari GD, peserta terbaik tiap-tiap GD akan mempresentasikan tulisannya di dalam sidang pleno bersama yang akan disaksikan seluruh peserta PNMHII. Di akhir acara, semua tulisan dalam Diskusi Ilmiah akan dibukukan sebagai capaian bersama.

Tujuan :

  1. Memfasilitasi adanya proses transfer pengetahuan dan knowledge sharing yang terjadi di antara peserta.
  2. Mendorong pengembangan stimulasi konseptual atas problematika interpretasi nasionalisme dalam kebijakan luar negeri Indonesia.
  3. Mendorong perkembangan akademis Ilmu Hubungan Internasional di Indonesia melalui penyusunan buku “Bunga Rampai” tulisan yang dilakukan.

 

Line-Up pembicara Seminar Diskusi Ilmiah* :

-     National Integrity

  1. Prof. Ikrar Nusa Bhakti, Ph.D (Executive Director LIPI); subtema: “Peran Komunitas Epistemik sebagai Kerangka Upaya Bangsa dalam Mewujudkan Keamanan Nasional”
  2. Dr. Kusnanto Anggoro (Centre for Strategic and International Studies); subtema: “Urgensi Pengelolaan Industri Pertahanan Nasional bagi Formulasi Kebijakan Keamanan Nasional Indonesia”
  3. Edy Prasetyono, Ph.D (Dosen Ilmu Hub. Internasional UI); subtema: “Reformasi Postur Pertahanan Maritim Indonesia”

-     National Prosperity

  1. Fransiscus De Salles Toferry Primanda (Plt. Direktur Pembangunan, Ekonomi dan Lingkungan Hidup, KEMLU RI); subtema: “Mengevaluasi Partisipasi Indonesia dalam G20”
  2. Dr. Drs. Fredy Buhama L.T. (Dosen HI UI); subtema: “Mengejawantahkan Kebijakan Ekonomi Luar Negeri Melalui Diplomasi Ekonomi”
  3. Bayu Krisnamurthi (Wakil Menteri Perdagangan RI); subtema: “Mengintegerasikan Perekonomian Indonesia dalam APEC”

-       National Identity

  1. Amb. M.Wahid Supriyadi (Kepala Desk Diapsora Indonesia, KEMLU RI); subtema: “Jaringan Diaspora Indonesia dan Pembangunan Nasionalisme”
  2. Dra. Suzie Sudarman, (Dosen HI UI); subtema: ”“Membangun Basis Industri Kebudayaan di Indonesia”

 

* update 7 November 2013

Skema Rasionalisasi PNMHII XXV

 

Maksimal jumlah delegasi: 3

Wajib menyerahkan masing-masing 1 buah karya tulis mengenai topik-topik dalam pilar yang telah ditentukan.

Penyerahan karya tulis dilakukan selambatnya pada 19 November 2013 dengan mengirim e-mail ke: ginengpps@gmail.com

 

 

 

 

PNMHII XXV didukung oleh..

 

SPONSOR(s)

Pertamina (XL)Kompas (XL)

Telkomsel

bni
Post-it (L)Maritim (M)Logwin (M)

 

MEDIA PARTNER(s)